RSS

Kategori Akut atau Kronik?

10 Feb

Mungkin orang sudah sering mendengar istilah akut dan kronik. Tapi apakah Anda telah memiliki pengertian yang benar mengenai kedua istilah tersebut? Saya terpikir untuk menulis mengenai kedua tulisan ini karena menemukan orang seringkali tertukar atau salah mengerti mengenai dua istilah ini.

Penyakit akut menunjuk pada penyakit yang timbul mendadak dan dalam jangka waktu pendek. Sedangkan penyakit kronis menunjuk pada penyakit yang berlangsung dalam jangka waktu lama, umumnya lebih dari tiga bulan. Kondisi di antara akut dan kronis, disebut dengan istilah subakut.

Istilah akut dan kronis tidak menunjukkan tingkat keparahan penyakit. Seringkali orang salah kaprah dan menggunakan istilah akut ataupun kronis untuk menunjukkan keparahan suatu penyakit. Walau demikian, seringkali dalam kondisi akut, pasien tampak lebih sakit parah dan kondisinya lebih buruk daripada pasien dengan penyakit kronis. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme kompensasi tubuh. Di mana pada penyakit kronis, tubuh telah melakukan mekanisme kompensasi tersebut, sehingga umumnya kondisi dan keluhan pasien lebih baik daripada pasien yang dalam kondisi akut. Selain itu, penyakit kronis umumnya adalah penyakit-penyakit yang tidak menular (non-communicable disease), misalnya, kencing manis (diabetes), darah tinggi (hipertensi), ataupun keganasan (kanker).

Semoga bermanfaat.

 
Leave a comment

Posted by on February 10, 2012 in definition

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s