RSS

Nyeri Pinggang (Low Back Pain)

31 Jan

Nyeri pinggang merupakan salah satu keluhan yang paling banyak ditemui. Sebagian besar yang mengeluhkan hal ini adalah orang-orang yang berusia 40 tahun ke atas. Derajat keluhan nyeri mereka pun bervariasi, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Beberapa bahkan mengeluhkan hingga tidak bisa berjalan karena nyeri yang sangat.

Sebenarnya mengapa seseorang bisa menderita nyeri pinggang? Nyeri pinggang dapat disebabkan beberapa hal. Mulai dari gangguan ginjal, susunan tulang belakang, hingga gangguan pada serabut saraf. Lalu bagaimana kita bisa mengetahui persangkaan penyebabnya?

Pada nyeri pinggang yang disebabkan karena gangguan pada ginjal, umumnya nyerinya bersifat hilang timbul. Biasanya disertai pula dengan gangguan saat buang air kecil. Entah, terasa panas, bisa juga terasa nyeri. Namun, keluhan tersebut umumnya didapati bila gangguan pada ginjal disebabkan adanya infeksi. Gangguan pada tulang belakang dan saraf merupakan penyebab paling sering dari nyeri pinggang. Seringkali nyeri dirasakan saat berubah posisi dari duduk ke berdiri atau dari tidur ke duduk. Bila ada penjepitan pada serabut saraf, seringkali nyeri bertambah dan menjalar ke kedua kaki saat berjalan.

Bila nyeri pinggang disebabkan oleh gangguan pada tulang belakang ataupun saraf, pengobatannya akan lebih lama. Oleh karena itu, penderita perlu rutin kontrol. Selain itu, tindakan fisioterapi juga dapat membantu meringankan keluhan. Latihan ringan di rumah dan memperbaiki posisi duduk juga pada umumnya membantu mengurangi nyeri. Perbaikan posisi duduk dan posisi tubuh saat mengangkat benda berat juga penting untuk mengurangi resiko terjadinya gangguan pada tulang belakang ataupun penjepitan pada serabut saraf.

 
Leave a comment

Posted by on January 31, 2012 in chronic disease, prevention, therapy

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s