RSS

Emergency

10 May

Kapan suatu keadaan dikatakan gawat? Kondisi gawat darurat yang saya maksudkan di sini adalah kondisi yang mengancam jiwa. Mengapa saya menuliskan hal ini? Karena beberapa kali saya mendapati keluarga pasien seringkali tidak mengerti mana kondisi yang gawat dan mana yang tidak. Sebenarnya hal ini sangat manusiawi karena orang seringkali menjadi panik dalam kondisi gawat. Namun, alangkah baiknya jika yang awam pun mampu memahami dan melakukan sesuatu untuk sesamanya.

Dalam penanganan gawat darurat dikenal istilah basic life support (BLS), yang dalam penganannya mengikuti algoritma ABC (Airway- Breathing- Circulation) – Disability – Exposure. Hal ini disusun sesuai dengan tingkat kegawatannya – seberapa cepat hal tersebut dapat mengakibatkan kematian- dan kita mengikuti algoritma tersebut dalam penanganannya.

Sebagai awam, saya kira cukuplah mengerti sampai sebatas ABC. Pada awal sebenarnya perlu dilakukan pengecekan kesadaran secara cepat dengan metode AVPU, namun sebagai awam mungkin akan lebih baik jika dapat memberikan respons bantuan secara cepat, daripada bingung memikirkan tingkat kesadaran yang mana. Berikut saya cantumkan hal-hal yang perlu diwaspadai sebagai gangguan yang mengancam jiwa, terutama pada orang dengan riwayat trauma (misalnya: kecelakaan, jatuh dari pohon, dsb):

a. Airway; waspada jika Anda mendengar suara mendengkur, suara seperti orang berkumur, atau suara melengking atau parau/serak, atau bahkan Anda tidak melihat adanya gerakan pernapasan, atau tidak ada hawa napas yang keluar dari hidung dan atau mulut. Hal ini menandakan ada hambatan pada jalan napas. Sumbatan jalan napas ini dapat mengakibatkan kematian dalam 3 – 5 menit. Jika ada suara mendengkur, dorong dagu ke atas (chin lift) , atau dahi ke belakang (head tilt) dengan hati-hati, pertahankan jika suara mendengkur hilang; periksa juga apakah ada benda asing di dalam mulut yang mungkin menyumbat jalan napas. Jika Anda mendengar suara berkumur, periksa mulut penderita, jika ada darah, bersihkan dengan kain atau kassa (jangan menggunakan tissue).

b. Breathing; waspada jika Anda melihat luka pada daerah dada, melihat gerak dada yang tidak sama, orang yang terlihat susah bernapas, ataupun tersengal-sengal. Gangguan pada airway dapat mengakibatkan gangguan pada breathing.

c. Circulation, waspada jika telapak tangan penderita teraba dingin dan basah, serta terlihat pucat, nadi (raba pada pergelangan tangan pada sisi yang sama dengan ibu jari) teraba cepat, lebih dari 100x/menit, atau jika Anda mendapati tidak ada gerakan pernapasan pada penderita. Perhatikan juga apakah ada luka-luka dengan perdarahan hebat. Jika ada perdarahan hebat, usahakan untuk menekan dan menutup luka tersebut untuk membantu mengurangi laju perdarahan. Jika Anda menjumpai penderita tanpa gerakan pernapasan, Anda dapat mulai melakukan pijat jantung. Pijat jantung dilakukan pada tengah dada, dengan cepat (kurang lebih 100x/menit, kuat, dan dalam.

Cara untuk melakukan head tilt dan chin lift, serta posisi untuk melakukan pijat jantung dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Perlu diingat pula, jika penderita merupakan korban kecelakaan, jangan sembarangan memindahkan korban. Usahakan untuk menjaga agar tulang leher tidak banyak bergerak, terutama bila terlihat luka-luka di atas bahu, leher, dan kepala. Jangan lupa pula untuk segera memanggil bantuan. Anda dapat menelepon 118 untuk memanggil ambulans. Ketika menelepon, sebutkan jumlah penderita, jumlah penolong, kondisi penderita, apa yang sudah Anda lakukan, dan di mana lokasi kejadian.

Semoga bermanfaat.

 
Leave a comment

Posted by on May 10, 2010 in acute disease, medicine, therapy

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: