RSS

Vaksin HPV

10 Apr

HPV atau Human Papilloma Virus menjadi terkenal sesaat ketika orang dihebohkan dengan kasus manusia akar. Kasus tersebut secara medis terbukti disebabkan oleh infeksi HPV ini. Selain kasus manusia akar, sebenarnya HPV memegang peranan yang tinggi sebagai salah satu penyebab kematian pada wanita, yaitu memicu terjadinya kanker serviks (mulut rahim).

Kanker serviks atau kanker mulut rahim dipicu oleh HPV tipe 16 dan 18. Sedangkan pada kaum pria, tipe virus yang sama dapat memicu terjadinya Squamous Cell Carcinoma (SCC) pada penis. Tipe ini berbeda dengan penyebab kasus manusia akar tersebut, kasus manusia akar disebabkan oleh HPV tipe lain yang secara khusus lebih sering menyerang kulit.

Selain menyebabkan kanker serviks, SCC, dan pertumbuhan abnormal pada kulit, HPV ini merupakan penyebab terjadinya penyakit infeksi menular seksual yang dikenal dengan condylomata akuminata. Condylomata akuminata ini disebabkan oleh HPV tipe 6 dan 11. HPV sendiri memiliki banyak tipe, yang belum semuanya mampu dihubungkan dengan jenis penyakit tertentu. Namun, saat ini yang mendapat perhatian khusus adalah HPV tipe 6, 11, 16, dan 18. Hal ini dikarenakan keempat strain tersebut memiliki peran dalam kejadian condyloma dan kanker serviks yang memiliki angka kejadian cukup tinggi.

Saat ini sebagai tindakan pencegahan terhadap kanker serviks, selain disarankan rutin melakukan pap smear bagi wanita yang seksual aktif, juga disarankan melakukan vaksinasi HPV. Untuk vaksinasi HPV, akan lebih baik jika dilakukan pada wanita yang belum aktif secara seksual, namun tidak berarti tidak bermanfaat bagi mereka yang telah aktif secara seksual. Bentuk vaksin yang tersedia saat ini adalah bivalen (2 tipe HPV) dan quadrivalen (4 tipe HPV), bentuk quadrivalen lebih disarankan karena juga memberikan prroteksi terhadap HPV tipe 6 dan 11.

Jangan pula menganggap remeh condyloma sebagai infeksi menular seksual biasa karena berdasarkan sebuah penelitian yang saya baca, condyloma saat ini ditemukan terbanyak disebabkan oleh HPV tipe 16, yang merupakan salah satu tipe penyebab terjadinya kanker serviks. Oleh karena itu, mari mencegah bersama. Carilah informasi di mana Anda dapat melakukan vaksinasi terdekat dan silahkan melakukan pap smear jika Anda seksual aktif.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: