RSS

The Power of Xitrol

18 Sep

Dari judul di atas, sudah bisa ditebak kalau saya akan menuliskan tentang Xitrol. Saya kira masyarakat awam sudah banyak yang mengenal Xitrol. Obat tetes mata mungil namun memiliki kehebatan tiada tara, yang diberi label obat manjur oleh banyak orang.

Mata merah? Keluar kotoran mata terus menerus? Keluar air mata terus menerus? Mata terasa mengganjal? Pergi ke apotek atau toko obat, bertanya ke petugas di sana, kemungkinan besar Anda akan disodori obat tetes mata ini. Efeknya? Pasti akan banyak testimoni yang mengatakan “Ruarr biasa, langsung enakan”. Ujung-ujungnya, jika mengalami keluhan serupa, Anda akan dengan mantap membeli obat serupa dan memakainya anpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Beli obat langsung, cuma 3o ribuan. Kalu konsultasi ke dokter spesialis dulu, berarti menambah biaya sekitar 100 ribuan. Berdasarkan prinsip ekonomi, orang akan cenderung membeli obat sendiri, langsung ke apotek atau toko obat terdekat. Toh, obat ini dijual dengan bebas, tanpa resep dokter walaupun ada etiket* obat keras pada kemasannya.

Benarkah Xitrol ini adalah obat dewa? Mampu mengatasi segala keluhan dengan baik? Bagaimana dengan efek sampingnya? Hal ini yang kurang diperhatikan oleh masyarakat. Obat ini diberi etiket obat keras bukan tanpa alasan. Mari kita lihat kandungan yang terdapat di dalam kemasan tetes mata ini. Tercantum Dexamethasone di dalamnya bukan? Obat ini merupakan golongan steroid. Kandungan inilah yang mampu meredakan keluhan dengan cepat. Keluhan yang timbul pada mata biasanya karena efek radang atau inflamasi yang terjadi, steroid memiliki efek antiradang yang baik. Oleh karena itu, penderita akan segera merasa keluhan membaik dengan penggunaan obat ini. Namun, perlu diperhatikan bahwa pemakaian steroid ini tidak boleh lebih dari dua minggu. Perlu dicatat pula bahwa pemakaian steroid dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan glaukoma**, yang dapat berakibat pada kebutaan.

Oleh karena itu, jangan sembarangan menggunakan obat tetes mata. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter. Memang biaya yang akan Anda keluarkan lebih mahal, namun jelas lebih murah daripada penglihatan Anda yang hilang bukan?

Semoga bermanfaat.

*etiket: label pada kemasan obat berbentuk lingkaran

**glaukoma: gangguan pada mata berupa penyempitan lapang pandang yang dapat berakhir pada kebutaan Lebih lanjut tentang glaukoma dapat dibaca di http://en.wikipedia.org/wiki/Glaucoma

 
Leave a comment

Posted by on September 18, 2009 in illness, medicine, prevention, therapy

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: