RSS

Helm

02 Aug

Helm, tentu semua orang tahu bentuknya dan mengenal fungsinya. Harga sebuah helm pun bervariasi, dari yang puluhan ribu hingga ratusan ribu, tergantung bahan pembuatnya. Namun, benarkah setiap orang sudah mengerti bahwa memakai helm saat bersepeda motor demikian penting?

Saya rasa tidak. Saya masih sering melihat orang naik sepeda motor tanpa menggunakan helm, lebih nekat lagi, mereka mengendarainya dengan kecepatan tinggi. Belum lagi, mereka yang mengendarai motor bertiga atau berempat. Betapa cerobohnya mereka. Padahal kampanye dari pihak kepolisisan untuk berkendara dengan aman sudah sedemikian gencar, namun banyak orang yang tidak peduli. Begitu sulitkah untuk menjaga keselamatan diri sendiri?

Satu minggu yang lalu bertugas jaga di IRD, sudah tiga nyawa melayang karena kecelakaan lalu lintas, empat orang yang lain cedera otak berat (GCS kurang dari 8). Dari tiga orang yang meninggal, dua diantaranya tidak mengenakan helm dan mengendarai sepeda motor dalam keadaan mabuk.

Ketika seseorang mengalami cedera otak berat, dia akan mengalami penurunan kesadaran. Dengan demikian, akan memiliki resiko obstruksi jalan napas hingga apnea (henti napas). Seseorang dengan henti napas hanya membutuhkan waktu tiga hingga lima menit untuk meninggal. Sangat cepat jika dibandingkan waktu yang dibutuhkan seseorang dengan perdarahan hebat untuk meninggal (satu sampai dua jam). Padahal, seseorang dengan cedera otak berat, umumnya datang dengan multitrauma. Hal ini tentu memperburuk prognosis penderita.

Seringkali orang memakai helm karena takut ditilang polisi, malas harus merogoh kantong untuk menyumbang kepada polisi yang korup, namun berapa persen kah yang memakai helm dengan alasan keselamatan diri? Memakai helm, terlihat sebagai hal yang sepele. Namun, dengan melakukan hal yang sepele itu, Anda dapat menjaga keselamatan jiwa Anda.

Sayangi diri Anda, berkendaralah dengan aman.

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: