RSS

Demam a.k.a Febris

11 Jul

Siapa yang tidak pernah menderita demam? Sejak usia anak-anak, kita sudah akrab dengan demam. Demam merupakan salah satu gejala yang paling sering ditemui pada penyakit. Gejala demam yang timbul seperti alarm tubuh yang menyadarkan kita bahwa tubuh kita terinfeksi oleh kuman atau virus. Kapan kita dikatakan demam? Bila suhu tubuh kita melebihi suhu tubuh yang normal, yaitu lebih dari 37,2 derajat celcius.

Bagaimana kita mengetahui penyakit apa yang mungkin menyerang kita sementara demam merupakan gejala yang sangat umum didapati? Secara teoritis, sifat-sifat demam yang timbul dapat digunakan untuk membantu mendiagnosa suatu penyakit. Secara garis besar, demam dibagi menjadi demam yang kurang dari 7 hari dan demam yang lebih dari 7 hari.

Bila didapatkan demam yang kurang dari 7 hari, maka dapat dipikirkan kemungkinan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), Infeksi virus Dengue, ISK (Infeksi Saluran Kemih), otitis media (radang pada telinga), typhoid awal (biasa disebut types oleh orang awam), dan malaria. Untuk membedakan infeksi virus Dengue dan typhoid awal, bisa ditanyakan mengenai respons terhadap pemberian antipiretik. Khusus untuk malaria, pada anamnesa biasanya didapatkan riwayat berpergian ke daerah endemis, atau daerah tempat tinggal merupakan daerah endemis malaria.

Sementara itu, demam lebih dari 7 hari, bisa dipikirkan kemungkinan typhoid fever, malaria, TB, dan infeksi virus yang berkepanjangan (HIV, CMV, Hepatitis).

Langkah selanjutnya tentu menyingkirkan diagnosa banding berdasarkan anamnesa dan pemeriksaan fisik. Untuk menegakkan diagnosa, dapat dilakukan pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Jangan lupa untuk menanyakan riwayat penyakit dahulu, riwayat penyakit dalam keluarga, juga konsisi lingkungan tempat tinggal, serta kemungkinan tetangga sekitar yang menderita penyakit serupa.

Dalam melakukan pemeriksaan jangan melupakan faktor X, yaitu kepercayaan dan kenyamanan pasien. Hal ini akan sangat mempengaruhi hasil anamnesa yang didapat. Padahal, anamnesa yang baik dapat membantu menegakkan diagnosa hingga 70-80%. Oleh karena itu, sambung rasa dengan pasien perlu mendapat perhatian khusus. Hal ini terdengar sederhana, namun akan sangat membantu dalam praktek sehari-hari.

 
Leave a comment

Posted by on July 11, 2009 in definition, illness

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: