RSS

Demam Berdarah atau Typhus?

04 Mar

Demam merupakan keluhan yang sering timbul pada penyakit. Sebenarnya demam merupakan reaksi tubuh atas masuknya benda asing ke dalam tubuh, misalnya virus atau bakteri, yang menandakan tubuh sedang berusaha memerangi serangan asing tersebut. Seseorang dikatakan demam jika suhunya lebih dari 37,5°C. Perlu diingat, bahwa demam merupakan suatu gejala, bukan suatu diagnosis penyakit. Oleh karena itu, demam perlu diketahui penyebabnya.

Upaya mengatasi demam dapat dilakukan dengan obat penurun panas, misalnya parasetamol (dengan berbagai merk dagang), dan juga kompres. Kompres merupakan tindakan sederhana yang sangat membantu dalam upaya menurunkan suhu tubuh. Tindakan kompres ini akan lebih efektif bila diletakkan pada dahi, lipatan ketiak, dan paha. Apabila demam terjadi pada anak-anak, terutama dengan riwayat kejang demam, upaya penurunan suhu tubuh harus dilakukan dengan segera untuk menghindari tercetusnya kejang.

Beberapa penyakit memiliki pola demam yang khas. Oleh karena saat ini kejadian demam berdarah dan typhus sedang meningkat, saya akan mencoba menjelaskan perbedaan pola demam dan keluhan penyertanya.

Pada infeksi virus dengue, didapatkan demam kurang dari 7 hari, dengan panas mendadak dan langsung tinggi. Biasanya demam akan turun dengan pemberian obat penurun panas kemudian naik lagi. Demam biasanya akan mulai turun pada hari ketiga dan kemudian akan naik lagi pada hari keenam. Bagaimana anda bisa mencurigai diri Anda mengidap demam berdarah? Biasanya selain keluhan demam seperti di atas, akan didaptkan keluhan nyeri otot, badan terasa sakit semua dan lemas. Selain itu didapatkan keluhan nyeri kepala yang hebat, biasanya dikeluhkan terasa sakit hingga ke belakang mata. Bisa didapatkan ruam pada kulit berupa bercak-bercak kemerahan yang merupakan salah satu tanda perdarahan. Kemudian biasanya didapatkan keluhan pencernaan, seperti mual, muntah, atau nyeri di ulu hati seperti keluhan penderita sakit maag. Waspadalah bila Anda juga mengalami mimisan, gusi berdarah, atau BAB berwarna hitam. Sebaiknya Anda segera menghubungi dokter terdekat dan menjalani pemeriksaan darah lengkap untuk memastikan diagnosis.

Sementara itu pada typhus, demam biasanya lebih lama (lebih dari 7 hari), dengan pola demam yang makin lama makin naik. Biasanya penderita juga mengeluhkan nyeri badan dan badan terasa lemas. Pada penderita typhus, keluhan yang berhubungan dengan pencernaan biasanya lebih menonjol, bisa berupa mual, muntah, kembung, nyeri ulu hati, diare, hingga tidak bisa BAB. Bila Anda mengalami keluhan seperti tersebut di atas, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter Anda untuk diagnosis lebih pasti.

Apakah Anda harus opname di rumah sakit? Hal tersebut bergantung pada kondisi sakit Anda. Apakah intake (makan-minum) Anda masih baik? Apakah ada tanda-tanda kegawatan saat itu?

Untuk demam berdarah, kondisi kegawatan ialah bila penderita jatuh dalam kondisi syok. Biasanya didapatkan tangan dan kaki menjadi dingin,pucat, dan basah; penderita lemas, sesak, nyeri kepala hebat hingga muntah-muntah atau jumlah trombosit terlalu rendah. Sedangkan pada typhus, penyulit yang dikhawatirkan ialah bila sampai terjadi perdarahan usus yang ditandai dengan nyeri hebat pada daerah perut. Bila kondisi Anda cukup stabil dan mampu mematuhi anjuran minum obat, diet (pada orang typhus dianjurkan mengkonsumsi makanan lunak dan rendah serat), serta bed rest, Anda dapat menjalani perawatan di rumah.

Kapan sebaiknya Anda ke dokter? Bila demam baru 1 hari, tentunya akan sulit memastikan penyakit apa yang Anda derita, hasil laboratorium pun mungkin belum menunjukkan kelainan. Oleh karena itu, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter bila mengalami demam lebih dari tiga hari dan atau bila mendapati tanda-tanda perdarahan serta kegawatan yang sudah tersebutkan di atas.

Semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kekurangan.

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on March 4, 2010 in definition, illness, medicine, therapy

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: